METODE DISKUSI

Posted: 7 April 2011 in About physics

Tujuan

  • Untuk memberikan motivasi kepada siswa agar dapat berkomunikasi secara lisan
  • Memberikan kesempatan kepada peserta dididk untuk menggunakan pengetahuan dan informasi yang telah dimiliki.
  • Mengembangkan sikap saling hormat menghormati dan tenggang rasa terhadap keragaman pendapat orang lain, dalam rangka mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.

Kelebihan dan kelemahan

Kelebihan metode diskusi sebagai berikut :

a.       Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan.

b.      Menyadarkan ank didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik.

c.       Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya dan membiasakan bersikap toleransi. (Syaiful Bahri Djamarah : 237).

  1. Siswa belajar bermusyawarah
  2. Siswa mendapat kesempatan untuk menguji tingkat pengetahuan masing-masing.
  3. Belajar menghargai pendapat orang lain.
  4. Mengembangkan cara berpikir dan sikap ilmiah.

 

Kelemahan metode diskusi sebagai berikut :

a.  tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar.

b.  Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas.

c.  Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara.

d.  Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal (Syaiful Bahri Djamarah : 237).

e. Pendapat serta pertanyaan siswa dapat menyimpang dari pokok persoalan.

f.  Kesulitan dalam menyimpulkan sering menyebabkan tidak ada penyelesaian.

g.         Membutuhkan waktu cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s